Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika (softskill) : Analisis SWOT Diri Sendiri dan Website

Nama                 : Muhammad Wildan
Kelas                 : 4IA22
NPM                  : 55412125
Mata Kuliah      : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen                : RINA NOVIANA, SKom. MMSI


ANALISIS SWOT TERHADAP DIRI SENDIRI


Analisis SWOT merupakan salah satu analisis tentang faktor internal dan eksternal secara deskriptif agar dapat menghadapi semua tantangan dan ancaman di masa yang akan datang serta mempersiapkan diri terhadap lingkungan yang berubah. Analisa ini akan dibagi menjadi 4 macam yang merupakan akronim swot itu sendiri yaitu, Strength, Weakness, Opportunities, Threat.

1.     Strengths (kekuatan)

Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam seseoramg,organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang terdapat pada seseorang, perusahaan maupun organisasi yang bermanfaat bagi sendiri maupun yang lain dan akan bermanfaat pula bagi masa depan.
  • Tertarik dengan hal baru
  • Bertanggung jawab
  • Fokus dalam mengerjakan sesuatu
  • Peduli dengan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya
  • Selalu taat aturan yang ada
  • Memiliki kemampuan dalam bidang IT
2. Weakness (kelemahan)
Kelemahan yang terdapat pada seseorang, perusahaan maupun organisasi yang akan berdampak negatif pada saat ini dan masa yang akan datang.
  • Lemah dalam perhitungan matematika
  • Sering lupa waktu ketika mengerjakan sesuatu
  • Sering menunda-nunda suatu pekerjaan
  • Sering mengerjakan sesuatu diakhir waktu
3. Opportunities (kesempatan)
Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Mempunyai banyak relasi pada pekerjaan
  • Bisa menjadi wirausaha dalam bidang yang dikuasai
  • Perancang suatu program dalam bisnis
4. Threats (Ancaman)
Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Persaingan yang semakin ketat
  • Maraknya tindakan KKN yang sulit untuk diberantas

ANALISIS SWOT WEBSITE

 DETIK.COM
            detik.com merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring indonesia dan merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Dikarenakan berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan penapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation salah satu anak perusahaan CT Corp.

Analisis SWOT :  

Strength (kekuatan/kelebihan)
  • Detik.com update berita yang cukup cepat dari pada web yang lainnya.
  • Detik.com juga memiliki siaran berita atau tv online, tips-tips yang berguna, beberapa macam pilihan berita, menghadirkan info info yang akan berguna mungkinnya bagi user yang membacanya.

Weakness (Kelemahan/kekurangan)
  • Terlalu banyak iklan sehingga pengguna website detik.com mungkin akan terganggu atau sulit mencari dan memilih informasi yang ingin dibaca oleh pengguna.
  • Banyak isu bahwa detik.com terbukti mengcopy beberapa berita diluar negeri dan ditranslate dalam bentuk bahasa indonesia lalu di publish.
Opportunities (Peluang)
 
Sangat menarik pelanggan atau investor untuk memasang iklan , sebelumnya detik.com merupan web berita dengan ratting pertama di Indonesia. Dengan banyak investor memasang iklan keuntungan yang diperoleh pun akan semakin besar dan terus bertambah.

Threats (Ancaman) 
 
Munculnya website-website lain yang akan menjadi saingan bagi detik.com yang dapat mengurangi pendapatan detik.com pertahunnya

 THEMEFOREST.NET
                   Themeforest.net adalah situs marketplace yang difokuskan untuk mempertemukan penjual dan pembeli produk online seperti Template, Landing Page, Theme Wordpress, Plugins dan lain-lain.

Analisis SWOT :  

Strength (kekuatan/kelebihan)
  • Themeforest.net memiliki produk online yang sangat lengkap
  • Transaksi di themeforest.net aman karena pihak themeforest menjadi pihak ketiga yang menjadi escrow / penengah antara penjual dengan pembeli
Weakness (Kelemahan/kekurangan)
  • Fee transaksi yang lumayan besar
  • Tidak semua produk bisa dijual di themeforest, melainkan harus melalui tahap review terlebih dahulu
Opportunities (Peluang)
 
Sangat menarik pelanggan karena hampir semua produk online ada di themeforest.net sehingga banyak transaksi terjadi didalamnya dan menghasilkan fee untuk pihak themeforest.

Threats (Ancaman) 
 
Munculnya website-website lain yang memasang fee lebih sedikit dari themeforest sehingga dapat mengurangi pendapatan dari themeforest.


 BLIBLI.COMSetelah sukses membeli situs komunitas online, kaskus.us, PT Global Digital Prima atau GDP, perusahaan afiliasi produsen rokok Djarum, kini meluncurkan situs belanja online atau e-commerce yang namanya blibli.com ini. Mal virtual bernama blibli.com ini ditargetkan bisa meraup transaksi miliaran rupiah dalam setahun. Menurut Kusumo Martanto niiih (Presiden Direktur PT Global Digital Niaga), situs ini mengincar pasar kelas menengah ke atas yang gemar berbelanja produk elektronik dan fashion.

Strength (Kekuatan/kelebihan)
  • Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
  • Situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia
  • Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting customer”,
  • Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member
  • Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
Weakness (Kelemahan/keurangan)

Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.
 
Opportunities (Peluang)  
E-commerce tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa.

Threats (Ancaman)

Rendahnya hambatan masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di perusahaan internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing. Pesing terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan perintel terbesar di dunia.

Sumber :
https://geamaose.wordpress.com/2014/01/03/tugas-pemrograman-web/
http://pararamparam.blogspot.co.id/2013/02/review-bliblicom.html

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Sientoy

Belum ada komentar untuk "Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika (softskill) : Analisis SWOT Diri Sendiri dan Website"

Posting Komentar