Nama : Muhammad Wildan
Kelas : 4IA22
NPM : 55412125
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : RINA NOVIANA, SKom. MMSI
c. Modal awal
H. PENUTUP
Kelas : 4IA22
NPM : 55412125
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : RINA NOVIANA, SKom. MMSI
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA (SOFTSKILL)
Surat Proposal Ebook Selling .inc
KELOMPOK 3 :
·
Muhammad. Wildan (55412125)
·
M. Ripqo Hasbani (55412068)
·
M. Renaldi
Ramadhyanto (55412046)
·
Rizky Citra
Kurnia (56412598)
· Satrio Priambudi (56412880)
KELAS 4IA22
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring perkembangan waktu serta semakin
pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan
perhatian para pemuda terhadap minat baca semakin menurun serta menghawatirkan.
Mereka semakin sibuk dengan media social yang semakin hari semakin canggih
serta pengaruh lingkungan yang terbawa di kehidupan sehari-hari. Masuk nya
budaya barat ke Negara Indonesia ini juga membuat banyak anak muda sekarang
yang pola hidup nya menjadi seperti kebarat-barat an. Bahkan jika kita
perhatikan banyak anak zaman sekarang yang jika pergi ke sekolah jarang membawa
buku. Hal ini sangat memprihatinkan jika kita lihat anak zaman dahulu yang
setiap pergi ke sekolah membawa buku pelajaran yang harus mereka bawa. Mungkin
jika kita mendengar alasan mereka tidak membawa buku karena berat namun jika
kita pikir sangat tidak logis. Sebeb tugas mereka sebagai anak berpelajar wajib
membawa buku pelajaran serta wajib membaca isi dari buku yang akan mereka
pelajari. Sangat miris sekali kita melihat pemuda pemuda yang kita banggakan
jika dia tidak rajin membaca. Karena membaca itu ilmunya dunia.
Melihat kondisi serta fakta yang kita
saksikan sekarang ini maka pantas kiranya kita memberikan perhatian lebih
terhadap permasalahan tersebut dan ini
lah yang yang menjadi latar belakang kami sebagai mahasiswa untuk membuat suatu
buku berbentuk digital yang lebih dikenal dengan nama “E-book” yang bisa mereka
baca tanpa tanpa harus mereka bawa ke mana mana dan tidak berat namun hanya
perlu di download saja.
1. Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
Penjualan ebook ini cukup menjanjikan, karna
keuntungan yang didapat cukup besar. Karena Proses publikasi yang murah dan
mudah untuk disebarluaskan karena bisa melalui media website, email atau kelas
maya.
b. Manfaat Sosial
1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan penjualan ebook
ini dapat banyak peminatnya. Penjualann ebook ini cukup menjanjikan bagi kita,
karna saat ini hampir semua orang mengenal internet sehingga kita dapat
memasarkannya ke pengguna internet tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh
oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis.
Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang
lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani
konsumen.
2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya penjualan ebook ini diharapkan dapat
menjadi alternative bagi masyarakat untuk dalam hal mencari ilmu.
2. Rumusan Masalah
a) Bagaimana tips untuk memasarkan ebook dengan budget
yang sekecil mungkin.
b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis
yang semakin ketat saat ini.
c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan
dalam berbisnis penjualan ebook ini.
3. Profil Organisasi
Nama Usaha: Ebook Selling .inc
Jenis Usaha: Online
Alamat: Kalimalang
Pemilik: Kelompok 1
4. Visi, misi dan tujuan
a. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang
terbaik.
b. Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
c. Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan
dalam melakukan kegiatan usaha.
5. Produk
Berbagai macam format buku digital/buku elektronik yang
dibuat oleh penulis dan penerbit memiliki banyak
format. Dibawah ini adalah contoh
a) .azw
b) .azw3
c) .pdf
d) .prc
e) .mobi
f) .epub
g) .rtf
Dengan memiliki berbagai macam format tersebut maka
masyarakat dapat memilih format yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan
mereka masing-masing.
B. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai
berikut:
1.
Faktor
internal.
a . Strengths (Kekuatan)
• Tidak dapat rusak, karena data
disimpan dalam bentuk file.
• Mengurangi biaya perawatan yang
mahal.
• Memiliki sifat portable, karena bisa
dibaca menggunakan perangkat elektronik portable (tablet komputer, smartphone).
• Tidak memakan tempat, karena
disimpan dalam bentuk file, tidak seperti model buku konvensional yang harus
dicetak pada sebuah media kertas
b. Weakness (Kelemahan)
• Membutuhkan suatu perangkat lunak
untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu
yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung
kita buka dan tutup sesuka hati
• Tidak semua format e-book memiliki sekuriti yang baik. Misal format txt, sangat rentan terkena virus atau dijebol sekuritinya. Sedangkan pdf sudah memiliki sekuriti yang baik. Tetapi secanggih apapun format sekuriti e-book, karena digital, e-book tetap bisa dibongkar terutama oleh para hacker.
• Tidak semua format e-book memiliki sekuriti yang baik. Misal format txt, sangat rentan terkena virus atau dijebol sekuritinya. Sedangkan pdf sudah memiliki sekuriti yang baik. Tetapi secanggih apapun format sekuriti e-book, karena digital, e-book tetap bisa dibongkar terutama oleh para hacker.
2. Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan)
• Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan internet.
• Tidak membutuhkan modal yang besar
b. Threats (Ancaman)
Persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak.
Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang
memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan
terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam
menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang
terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang
terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
C. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha ebook selling kelompok
kami yaitu:
1.
Target
Pasar
Usaha ini mempunyai target pasar untuk
siswa siswi SMP/SMA atau mahasiswa/i yang sedang membutuhkan buku pelajaran
atau buku pengetahuan yg lebih luas tanpa harus datang ke toko buku langsung
dapat menggunakan ebook selling yang kami tawarkan.
2.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha
ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik
konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga
antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.
Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.
Sasaran
Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran
pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah,
kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian
besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami
berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu
mulai dari Rp30.000 sampai dengan Rp500.000.
D. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.
Dari
mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi
ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
2.
Dengan
media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut,
maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti
dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat
telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha
kita,
3.
Pengembangan
Pasar
Selain melakukan berbagai strategi
pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan
cara membuat tampilan pada ebook selling ini lebih menarik dan lebih mudah
untuk diakses oleh konsumen.
4.
Pengembangan
Produk
Pengembangan produk dari usaha ini
dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa
durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para
konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas
konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
5.
Langkah-langkah
promisi
Untuk menarik minat konsumen agar
membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun
cara tersebut yaitu:
• Pada malam minggu kami akan
memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli buku, maka akan kami
berikan diskon sebesar 10% untuk semua jenis buku.
• Apabila konsumen membeli buku diatas
4 buah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga
yang paling rendah yaitu Rp25.000,-
• Selain itu, apabila konsumen membeli
buku diatas 8 buah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan
dengan harga yang paling rendah yaitu Rp25.000,- dan memberikan gratis satu 1
buah buku.
E. Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai
berikut:
1.
Desain
produk
Desain produk yang diusahakan ialah
kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan
tampilan ebook selling yang itu-itu saja.
2.
Tempat
usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah
dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat
dengan mudah mengakses tempat usaha kami, selain itu di alun-alun juga
memungkinkan kami untuk membuka usaha ebook selling ini. Tentu juga dengan
menggunakan basis web dan aplikasi seperti di android dan iOS
3.
Pengawasan
kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari
usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka
kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari buku-buku
yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual.
F. Analisis aspek finansial
1. Harga
Adapun ebook yang kami tawarkan memiliki harga yang
bervariasi tergantung dari ebook yang diinginkan oleh konsumen, karna
macam-macam dari ebook tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami
tetapkan adalah sebagai berikut:
Ebook IT Rp. 200.000
Ebook Akuntansi Rp. 150.000
Ebook Manajemen Rp. 170.000
Ebook Elektro Rp. 250.000
c. Modal awal
Domain : Rp 65.000 / Tahun
Web Hosting : Rp 700.000 / Tahun
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 765.000
G. Metode Pelaksanaan Program
1.
Metode
pengumpulan data
Metode pengumpulan yang dilakukan
ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang
dapat menghambat kelancaran usaha ebook selling ini. Kritik dan saran dari
pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
2.
Sosialisasi
kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan
demi mendapatkan rasa simpatik terhadap usaha ini dari masyarakat dengan
membuat sebuah taman baca di hari seperti car free day ataupun terdapat
festival festival buku.
3.
Penjualan
atau pemasaran produk
Penjualan dilakukan setelah selesai
segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga malam hari,
4.
Pembagian
hasil kerja
Usaha Ebook Selling .inc (ES)
merupakan usaha bersama yang kami rintis yang menggunakan modal awal dengan
cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata.
H. PENUTUP
Demikianlah proposal penjualan ini kami buat. Semoga
proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa
kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya
kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan
proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak
karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha penjualan
ebook ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera
mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih
Like THIS :
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Sientoy
Belum ada komentar untuk "Tugas 4 Pengantar Bisnis Informatika (Surat Proposal Ebook Selling)"
Posting Komentar